Bikin SKCK Baru Bekasi 2018


Keperluan. Setiap makhluk yang hidup memiliki keperluan. Bernapas, makan, dan lain-lain. Kali ini aku mau membagikan pengalaman membuat baru SKCK.


SKCK ialah Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Ini merupakan salah satu surat yang biasa digunakan sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan.

Di bulan Desember 2017 ini kubuat SKCK dong. Mungkin sebagian dari kalian menganggap ini mudah dan cepat. Tinggal cari kenalan terus kasih persyaratan. Tidak. Aku ingin buat sesuai prosedur. Tapi kenyataannya? Simak kisahku ini.

Langkah pertama, bikin surat pengantar dari kelurahan. Sebelumnya aku ingin minta surat pengantar dari RT RW buat ke kelurahan. Hari Senin, aku berniat minta tuh, akunya kelupaan. Hari Selasa ehh ketiduran. Hari Rabu, sekretaris RT nya belum pulang. Baru hari Kamis dapat. Aku mintanya pada malam hari karena hari kerja dan akunya juga mengajar.

Minta dah tuh surat pengantar RT RW, pak RT nya lagi pergi keluar negeri jadinya yang ttd sekretarisnya. Pak RW nya lagi pengajian malam Jumat. Jadinya nunggu hingga jam sembilan malam. Oke, sudah dapat.

Aku ke kelurahan. Bikin surat pengantar. Jumat pagi izin tidak mengajar. Jam delapan kurang aku tiba di kelurahan tapi sudah dilayani. Oke banget kelurahan ini.

Sekitar 15 menit surat pengantar sudah jadi. Yeay.

Lanjut arahan dari kelurahan, aku ke polsek. Bisa juga ke polres sih. Tapi polsek aja yang deket dari rumah.

Datang pertama kali ke polsek, wadaw. Ruame rek. Masih setengah sembilan padahal. Tapi belom buka ini pelayanannya. Sekitar sembilan kurang seperempat baru dibuka.

Aku bingung dan baca-baca tulisan yang tertempel.

Ini syarat buat SKCK Baru.
1. Poto berkerah, sopan, latar belakang merah, ukuran 4 x 6 = 4 lembar.
2. Fotocopy KTP 1 lembar, kalau tidak jelas fotocopy KTPnya diperbesar.
3. Fotocopy Kartu Keluarga 1 lembar.
4. Fotocopy ijazah atau akte kelahiran.
5. Fotocopy rumusan sidik jari 1 lembar.
6. *Fotocopy surat pindah dari catatan sipil jika pindah tempat tinggal.

DANNNNN TIDAK ADA SYARAT SURAT PENGANTAR DARI KELURAHAN. JADI TIDAK DIGUNAKAN. HUHUHUHUHU. AKU KECEWA.

Lanjut deh tuh. Aku belum sidik jari jadi sidik jari dulu. Bayar Rp 5.000,00. Okelah. Biar lengkap seluruh berkasnya.

Setelah sidik jari aku tulis nulis-nulis form kaya ciri-ciri fisikku. Dengan pedoman contoh yang tertempel di dinding.

Itu aku datang ke polsek hari JUMAT, dan setelah semua berkas selesai aku masukan berkas dan dapat nomor antrian. Nomor antrian untuk hari KAMIS minggu depannya. UWOW.

KARENA KUOTA TERBATAS.

Oke, kita belajar sabar.

- - -

Nah, sudah hari KAMIS di minggu depan. Aku datang lebih awal biar duluan. 07.45 aku tiba belum buka dan diinstruksikan menunggunya di kantin saja karena mau ada apel pagi. Pelayanan setelah apel. Oke nunggu lagi. Sabar.

Setengah 9 lewat dah tuh buka. Aku masukin berkas paling pertama. Hahahahahahaha. Terus dikasih form tik lagi suruh diisi. Sudah diisi kasih lagi formnya dan bayar Rp 30.000,00.

Nunggu lagi nunggu lagi.

Lagi nunggu liat orang-orang yang sebelumnya sepertiku lebih parah lagi bisa hingga 2 minggu dapat antrian.

Semua karena kuota terbatas. Sabar ya sabar. :)

Oke tulisan ini dibuat saya sedang menunggu. Masih menunggu dan terus menunggu.

Jam 10 jadi. Alhamdulillah. Fotocopy 5 lembar buat legalisir. Dan, menunggu lagi. Sekitar 20 menit selesai. Okeee kita balik ke sekolah buat belajar makin sabar.

Semoga artikelku ini bermanfaat buat kalian yang mau bikin SKCK baru di tahun 2018 kalau aturan belum berubah.

Harap sabar menunggu . . .

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkomentar, jangan lupa baca tulisan-tulisan lainnya yang berada di blog ini.