Dakwah dan Rasa


Bismillah. . .

Qana'ah adalah merasa cukup dengan apa pun yang diberikan oleh Allah kepada kita dan orang yang qana'ah hidupnya akan tenang, karena dia tidak bernafsu untuk mendapatkan apa yang tidak dia miliki. Seperti yang kita pahami, pemberian Allah yang merupakan nikmat Allah kepada para hamba-Nya ada 2 macam.

Pertama, nikmat duniawi, seperti nikmat hidup, kesehatan, nikmat rizki, fasilitas hidup, harta simpanan, dan seterusnya. Kedua, nikmat berupa syariat. Allah lah yang menurunkan syariat untuk para hamba-Nya, agar mereka bisa mendapatkan kebahagiaan kelak di akhirat.

Untuk nikmat pertama, semua manusia bisa merasakannya. Sementara untuk nikmat jenis yang kedua, tidak ada yang bisa merasakannya, kecuali mereka yang diberi petunjuk oleh Allah.

Nabi Shalallahu alaihi wassalam bersabda, sesungguhnya Allah memberikan dunia kepada siapa saja yang Allah cintai dan yang tidak Allah cintai. Namun Allah tidak akan memberikan agama kecuali kepada orang yang Allah cintai. Siapa yang diberi agama oleh Allah, berarti Allah mencintainya. (HR. Ahmad 3672 dan disahihkan Al Albani)

Kita diajarkan untuk qana'ah dalam perkara dunia agar hati kita tidak bernafsu untuk apa yang tidak kita miliki. Nabi Shalallahu alaihi wassalam mencela orang yang selalu merasa kurang. Beliau bersabda,

Andai manusia memiliki satu lembah emas, dia akan mengejar untuk memiliki dua lembah. Dan tidak ada yang memenuhi mulut manusia kecuali tanah. Dan Allah menerima taubat bagi mereka yang rajin bertaubat. (HR. Bukhari 6439 dan Muslim 1048)

Sumber :
Poster Dakwah Yufid.TV - Qanaah dalam Beragama

---

Jangan lupa bersyukur dan rajin bertaubat. Ingat Allah, jaga Allah. Tingkatkan kualitas diri dengan meningkatkan kualitas ibadah.

Shalat lima waktu,
Tegakkan tepat waktu,
Jangan tunda melulu.

www.darasa.web.id
"Dakwah dan Rasa"

You Might Also Like

4 komentar

Terima kasih telah berkomentar, jangan lupa baca tulisan-tulisan lainnya yang berada di blog ini.